Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

Tanjung, 6 Nov 2016. KPU Provinsi NTB menyelenggarakan rapat koordinasi penyusunan DPT Berkelanjutan semester 2 tahun 2016. Rakor diselenggarakan pada hari Kamis, 3 Nopember 2016 di Hotel Aston Mataram. Rakor diikuti oleh KPU Kabupaten Kota se NTB serta dinas istansi terkait. Dinas yang diundang meliputi Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas BPMPD, Korem 162 Wira Bakti, Polda NTB dan Kemenang NTB.Menurut Ketua KPU NTB, L Aksar Anshari rakor melibatkan berbagai pihak untuk mendapatkan data mutasi penduduk yang komprehensip. Data mutasi penduduk diperlukan untuk menyusun DPT berkelanjutan semester 2 tahun 2015.

Sumber utama data mutasi penduduk berasal dari Dinas Sosial dan Dukcapil berdasarkan hasil MoU KPU dengan Kementrian Dalam Negeri. Mutasi penduduk meliputi pemilih pemula yaitu penduduk yang berusia 17 pada tanggal 31 Desember 2016, Pemilih yang meninggal dunia, pemilih yang pindah keluar Kabupaten, pemilih yang masuk ke Kabupaten serta pemilih yang alih status dari TNI/Polri menjadi sipil atau sebaliknya dari sipil menjadi TNI/Polri.

Stakeholder dilibatkan dalam penyusunan DPT ini karena masing-masing pihak memiliki data yang dapat mendukung akurasi penyusunan DPT. Dinas Sosial dan Dukcapil merupakan dinas yang memiliki data penduduk yang terintegrasi dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, sehingga semua data penduduk bermuara di Dinas tersebut. Sebagaimana kita ketahui dan diakui oleh Dinas Sosial dan Dukcapil bahwa data kependudukan belum maksimal disebabkan kurangnya partisipasi masyarakat dalam melaporkan diri dan keluarganya yang berkaitan dengan mutasi penduduk, sehingga diperlukan sinergi dengan dinas dan instansi lain.

Pemilih yang alih status dari TNI/Polri menjadi sipil atau sebaliknya dari warga sipil menjadi TNI/Polri terdata pada lembaga TNI dan Polri sehingga disinilah pentingnya membangun kerjasama dengan TNI/Polri. Pemilih yang belum berusia 17 tahun namun sudah menikah terdata di KUA sehingga peran Kemenag sangat membantu dalam kegiatan ini.

Dinas dan Instansi yang hadir dalam rakor tersebut semua mendukung program yang dilaksanakan oleh KPU dan akan diteruskan kerjasama di tingkat kabupaten/kota. Seluruh KPU Kabupaten/Kota di NTB termasuk Lombok Utara telah siap menyusun DPT berkelanjutan semester 2 tahun 2016. KPU Lombok Utara telah bekerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk memperoleh data mutasi penduduk. Untuk melengkapi data mutasi tersebut, KPU Lombok Utara berencana menggandeng Kemenag Lombok Utara, Polres Lombok Utara dan Kodim 1606 Lombok Barat.Han67