Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id)Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU) melaksanakan verifikasi faktual terhadap data keanggotaan partai politik, Kamis (09/11). Dalam beberapa hari ini, KPU KLU melakukan verifikasi terhadap anggota partai politik yang mempunyai kegandaan nama yaitu kegandaan internal dan eksternal, status keanggotaan partai politik yang PNS, TNI, Polri dan belum berusia 17 tahun atau belum menikah.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan JURAIDIN, mengatakan “KPU KLU telah melakukan verifikasi faktual pada tanggal 1, 2 sampai tanggal 9 Nopember terhadap 249 orang di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara, hasil verifikasi tersebut akan direkap untuk menentukan apakah telah memenuhi syarat (MS), belum memenuhi syarat (BMS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).” Ungkapnya.

Pelakasana verifikasi dibagi menjadi beberapa tim verifikasi, masing-masing tim melakukan verifikasi faktual pada anggota partai politik sesuai daftar yang ada. Tim verifikasi menanyakan kepada anggota partai politik tentang kegandaan partai politik. Anggota partai politik yang diverifikasi setelah menyatakan pengakuannya maka diminta menandatangani surat pernyataan sebagai bukti mendukung salah satu partai atau tidak mendukung partai manapun. Semua kegiatan didokumentasikan dalam bentuk foto dan video sebagai tanda bukti sudah melakukan verifikasi.

Hasil dari verifikasi faktual banyaknya pengurus partai yang tidak mengetahui kalau namanya terdaftar sebagai anggota pada salah satu partai dan banyaknya anggota partai tidak memiliki KTA, ini yang membuat hasil dari verifikasi banyak yang tidak memenuhi syarat (TMS). (Tekmas KPU-KLU)