Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara (KPU-KLU), Jum’at (13/10) menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) terkait Rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat KPU-KLU dan di hadiri oleh komisioner, Sekretaris, Kasubbag dan Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk berkoordinasi serta menjalin kerjasama dalam hal merekrut PPS dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, serta untuk memudahkan masyarakat yang berminat mendaftarkan diri sebagai calon PPS.

Dalam arahannya, Ketua Divisi SDM dan PARMAS Hadi Pranatha, SH mengatakan bahwa kesempatan ini tentunya akan menjadi sebuah momen untuk bisa menarik sebuah kesepahaman dan kesimpulan terkait pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2018. Ada beberapa yang menjadi catatan atau perbedaan dalam mekanisme rekrutmen PPS di Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2017. Mekanisme perekrutan PPS tidak lagi menggunakan rekomendasi dari Kepala Desa. “Ini yang coba kita sosialisasikan agar kita sama-sama bisa melaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada.” tegasnya.

Lebih lanjut, Beliau mengatakan selain tidak adanya rekomendasi lagi dari Kepala Desa untuk PPS, KPU juga meminta kerjasama dengan Kepala Desa untuk bisa menerima berkas pendaftaran dari masyarakat yang berniat ingin menjadi PPS. kemudian berkas yang diterima oleh Desa akan di ambil oleh KPU, disamping itu KPU-KLU sudah mengirim formulir dan pengumuman ke semua Desa. “KPU tidak ingin mempersulit masyarakat yang sekiranya letak geografisnya jauh dari Kantor KPU-KLU atau kemungkinan fasilitas internet yang tidak terjangkau atau dari segi sarana prasarana.” ungkapnya.

Beliau berharap dan meminta kerjasama dengan seluruh jajaran steakholder yang ada dimasing-masing Desa untuk bisa Bersama-sama melaksanakan amanat undang-undang tersebut. by: Sub-Bag Tekmas dan Hupmas