Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id.) – Kendati memasuki hari kesembilan masa waku penyerahan berkas persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilihan Umum tahun 2019, hingga kemarin (10/10) baru 1 (satu) partai politik yang datang untuk menyerahkan berkas persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara (KPU KLU).

“Sampai hari ini ada satu PARPOL yang menyerahkan berkasnya. Namun sudah ada 6 partai politik yang datang ke sini yakni hari pertama Partai Golkar, hari kedua Parsindo, Nasdem dan PDIP, hari ketiga PKB kemudian hari keempat Partai Demokrat. Mereka datang ke sini untuk melakukan Konsultasi” Ujar Divisi Hukum KPU KLU, Juraidin, SH., MH.

Juraidin menghimbau agar semua partai politik lebih intens berkomunikasi dengan KPU KLU dan menghindari penyerahan berkas persyaratan pendaftaran pada saat injury time. “Jika Penyerahan berkas persyaratan dilakukan lebih awal, ketika ada kekurangan berkas maka masih ada waktu untuk melengkapinya sebelum penutupan pada tanggal 16 Oktober 2017” Paparnya.

Lebih lanjut ia menghimbau kepada seluruh pengurus partai politik agar memasukkan syarat dukungan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) lebih dari syarat minimal yang dibutuhkan. Untuk Kabupaten Lombok Utara, jumlah minimum dukungan KTA dan KTP-el adalah 233 lembar bagi setiap partai politik. Angka ini bersumber dari 1/1000 Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) Kabupaten Lombok Utara.

“Saat ini Jumlah DAK2 Kabupaten Lombok Utara sebanyak 233.691 jiwa dan sesuai ketentuan Pasal 17 ayat (3) huruf a Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017, maka partai politik yang ada di wilayah lombok utara wajib menyerahkan salinan bukti KTA dan KTP-el atau Surat keterangan ke KPU KLU minimal 1/1000 atau  233 lembar dukungan” Katanya.

Ia juga menerangkan bahwa KPU KLU telah melakukan sosialisasi kepada semua pengurus partai politik yang ada di wilayah Lombok Utara terkait Pendaftaran, Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 serta Tata Cara Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) pada Senin (02/10).”Dengan adanya sosialisasi tersebut, kami berharap agar Penyelenggara dan Partai Politik mempunyai satu pemahaman yang sama terkait pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang”. Ungkapnya.