Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) – Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (02/10). Dipandang perlu menggelar “Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran, Penelitian Administrasi, Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 serta Tata Cara Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)”. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mina Tanjung yang dihadiri oleh Pengurus Partai Politik (PARPOL) tingkat Kabupaten dan Pengawas Pemilu (PANWASLU) KLU. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi semua pihak, baik penyelenggara maupun pengurus PARPOL.

Dalam sambutannya, Ketua KPU-KLU Fajar Marta mengatakan bahwa semua pengurus PARPOL yang diundang untuk lebih intens berkomunikasi dan bertanya kaitan dengan syarat-syarat pendaftaran PARPOL dan mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran yang sudah ditentukan sesuai dengan aplikasi SIPOL. “Kegiatan ini sangat penting untuk kita memperoleh ilmu yang baru, kaitan dengan tata acara pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual PARPOL calon peserta pemilu tahun 2019”. tegasnya.

Lebih lanjut, Beliau meminta kepada pengurus PARPOL untuk lebih sering memberikan Pendidikan politik terhadap masyarakat, supaya tingkat partisipasi di KLU lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. “salah satu faktor penting kesuksesan penyelenggara pemilu, tidak terlepas dari peran serta PARPOL dalam memberikan pemahaman dan pendidikan politik kepada masyarakat.” imbuhnya.

Beliau berharap untuk semua yang hadir agar betul-betul terfokus dan satu persepsi dalam menyikapi PKPU Nomor 11 Tahun 2017 khususnya kaitan dengan proses Pendaftaran Verifikasi Faktual PARPOL.

Penerimaan pendaftaran PARPOL pada tanggal 3-16 Oktober 2017, dengan ketentuan hari pertama sampai hari ke 13 (tiga belas) dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00 WITA, sedangkan hari terakhir dilaksanakan pada pukul 08.00-24.00 WITA di KPU-KLU.

Adapun bentuk dokumen yang diserahkan pada KPU-KLU oleh PARPOL kabupaten adalah :

  1. Daftar nama dan alamat anggota PARPOL dalam wilayah kabupataen/kota dengan menggunakan formulir dari SIPOL yang dibuat dalam bentuk:
  2. Softcopy melalui sipol dan
  3. Hardcopy
  4. Salinan bukti tanda anggota PARPOL dan kartu tanda penduduk elektronik atau surat keterangan, paling sedikit 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk  pada setiap Kabupaten/Kota dalam bentuk hardcopy yang disusun secara berurutan sesuai dengan daftar nama anggota PARPOL sebagaimana dimaksud dalam hurup a untuk setiap desa/kelurahan atau sebutan lain dalam satu kecamatan.