Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kamis (28/09). Menggelar bimtek internal tentang “ Penerimaan Pendaftaran Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 ”. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat KPU-KLU yang dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, Kasubbag dan seluruh Staf KPU-KLU. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi dan pemehaman serta mengetahui apa saja yang akan dilakukan dalam penerimaan pendaftaran Partai Politik supaya ada gambaran untuk semua staf KPU-KLU.

Ketua Divisi Hukum Juraidin mengatakan, “kegiatan ini akan membawa banyak manfaat untuk kita bersama”. Penerimaan penyerahan bukti keangotaan partai politik dan salinan kartu tanda penduduk elektronik atau surat keterangan dimulai pada tanggal 3-16 Oktober 2017, dengan ketentuan hari pertama sampai hari ke 13 (tiga belas) dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00 WITA, sedangkan hari terakhir dilaksanakan pada pukul 08.00-24.00 WITA di KPU-KLU. Sebelum pukul 08.00 WITA petugas penerimaan dokumen partai politik harus sudah di tempat, ada tidak adanya partai politik yang datang menyerahkan dokumen “lanjutnya.

Adapun bentuk dokumen yang diserahkan pada KPU-KLU oleh partai politik kabupaten adalah :

  1. Daftar nama dan alamat anggota partai politik dalam wilayah kabupataen/kota dengan menggunakan formulir dari SIPOL yang dibuat dalam bentuk:
  2. Softcopy melalui sipol dan
  3. Hardcopy
  4. Salinan bukti tanda anggota partai politik dan kartu tanda penduduk elektronik atau       surat keterangan, paling sedikit 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk  pada setiap kabupaten/ kota dalam bentuk hardcopy yang disusun secara berurutan sesuai dengan daftar nama anggota partai politik sebagaimana dimaksud dalam hurup a untuk setiap desa/kelurahan atau sebutan lain dalam satu kecamatan.

KPU-KLU tidak menerima penyerahan dokumen diluar jadwal yang sudah ditetapkan, serta akan memberikan tanda terima penyerahan dokumen ketika dokumen yang diserahkan oleh partai politik sudah lengkap.

Ditengah rapat muncul beberapa pertanyaan dari peserta rapat, yang pertama Kasubbag Program dan Data Didi Padiyangsah Sanusi mempertanyakan “Apakah setiap ada pendaftaran perlu didokumentasikan?” lanjut pertanyaan ke 2 (dua) dari Kasubbag Teknis dan Hupmas Nasihin, “Apakah soft copy dan Hard copy sesuai dengan urutan nama di SIPOL atau hanya sekedar menghitung jumlahnya saja, kemudian mohon diperjelas tentang petugas penghubung dan ketika mereka datang apakah ada syarat-syarat yang dibawa?” tanyanya. Ketua Divisi Hukum menjawab “ Dalam penerimaan pendaftaran ini, kita KPU-KLU hanya menerima dan menghitung jumlahnya saja, untuk tahap berikutnya itu nanti ditahap penelitian dan verifikasi. Dan untuk dokumentasi harus itu, harus didokumentasikan termasuk videonya itu harus ada “ terangnya.

Bimtek ini bertujuan demi dan untuk kesuksesan KPU-KLU dalam melayani dan melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat sekaligus sebagai penyelenggara dalam pemilhan  Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat 2018 dan Pemilu tahun 2019 mendatang. by: Sub-Bag Teknis dan Hupmas.