Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (25/09). menyelenggarakan kegiatan sosialisasi  “Pendidikan Politik Bagi Perempuan, Guna Meningkatkan Partisipasi Perempuan dalam Politik”. bekerjasama dengan Universitas Mataram (UNRAM) dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lombok Utara. Hadir sebagai Narasumber Ketua Divisi Teknis Burhan Ekwanto dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNRAM Hartin Nur Khusnia. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Lombok Utara yang dihadiri oleh Nani Triana Cahyani selaku Wakil Ketua tim penggerak PKK, Anggota PKK dan Gerakan Organisasi Wanita (GOW). Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi perempuan sehingga mampu mengimbangi peran kaum laki-laki dalam dunia politik.

Nani Triana Cahyani berterimakasih kepada UNRAM dan KPU-KLU yang telah berinisiatif bekerja sama dengan PKK. “saya berharap peserta mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya agar materi yang disampaikan oleh narasumber dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”. ujarnya.

Ketua Divisi Teknis Burhan Ekwanto menjelaskan bahwa peran perempuan sudah dilindungi dalam Undang-undang Dasar (UUD) dimana semua orang sama kedudukannya dihadapan hukum, sehingga dengan potensi dan peluang perempuan yang dimiliki akan dapat menjadi peluang untuk berperan dalam pemilu 2019. Adapun peran perempuan dalam pemilihan adalah merubah paradigma objek menjadi subjek, meningkatkan kesadaran tentang arti pentingnya pemilu dan demokrasi, berperan aktif dalam penyusunan daftar pemilih dan membantu sosialisasi cara memilih. “kaum perempuan harus mampu menunjukkan kompetensinya sehingga dapat dipercaya oleh masyarakat untuk berkiprah dalam bidang politik, perempuan makin sadar bahwa saat ini dituntut untuk berperan sebagai subjek pembangunan termasuk dalam pembangunan bidang politik”. Harapnya.

Hartin Nur Khusnia menjelaskan tentang Hak berpolitik perempuan dalam UUD 1945, serta sedikitnya peran perempuan dalam dunia politik dan kebijakan publik dipengaruhi oleh Faktor sosial, politik, dan budaya. Anggapan masyarakat bahwa kodrat wanita adalah mengurus rumah tangga dan pendidikan anak, Namun sebenarnya memiliki peluang yang sama dengan kaum laki-laki asal ditunjang dengan kemampuan yang memadai. by: Sub-Bag Teknis dan Hupmas.