Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara, Rabu (13/09/2017) mendapat kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dengan agenda study banding. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat KPU-KLU dan di hadiri oleh komisioner KPU-KLU, Sekretaris KPU-KLU, Kasubbag Sekretariat KPU-KLU, 1 (satu) orang Komisioner KPU Kabupaten Merangin dan 4 (empat) orang Sekretariat KPU Kabupaten Merangin. Ketua Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Merangin, Adam Kurniawan menjelaskan bahwa yang menjadi salah satu pertimbangan KPU Kabupaten Merangin berkunjung ke KPU-KLU karena tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Lombok Utara yang tinggi. Beliau menambahkan bahwa KPU-KLU sangat layak dijadikan sebagai tujuan kunjungan karena pada pemilihan umum tahun 2014 KPU-KLU mendapatkan penghargaan dari KPU Republik Indonesia sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum yang Berintegritas. “disamping itu kami tertarik sekali kepada websitenya KPU-KLU. Bukan tentang tampilan dan sebagainya, tapi yang saya lihat websitenya sangat aktif sekali, kami juga ingin tahu seperti apa KPU-KLU mengelola websitenya dan partisipasi pemilih yang tinggi,” lanjutnya.

 

Beliau berharap, semoga apa yang menjadi tujuan dan niatan awal ke KPU-KLU ada hasil yang bisa dibawa pulang, terutama terkait dengan beberapa hal yang disampaikan agar KPU Kabupaten Merangin bisa menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dengan sukses.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Divisi Teknis KPU-KLU Burhan Ekwanto menjelaskan bahwa tingginya tingkat pertisipasi pemilih disebabkan oleh beberapa hal seperti penduduk Kabupaten Lombok Utara yang masih homogen, penduduk yang banyak sebagai petani dan sedikitnya penduduk yang berada diluar daerah, sehingga potensi untuk menggunakan hak pilih menjadi tinggi. “Selain itu, peran dari pasangan calon (paslon) juga sangat mempengaruhi.” Terangnya.

Selanjutnya, Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU-KLU Nasihin memberikan penjelasan terkait dengan website KPU-KLU yang sangat aktif. Beliau mengatakan bahwa saat ini, KPU-KLU sedang belajar untuk menata dan memperbaiki konten, isi serta layout website. “kami sudah ada perjanjian kerja dengan pihak ketiga terkait hal ini”. Paparnya.

 

Lebih lanjut beliau menceritakan kesulitan dan kendalayang dihadapi oleh team humas KPU-KLU dalam proses pengembangan dan pembuatan berita seperti kesulitan dalam mengawali penulisan dan pemilihan materi berita. “Alhamdulillah, kendala-kendala ini sedikit demi sedikit bisa kita atasi dengan menggunakan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) website dan berita yang dibuat oleh jurnalis profesional”. Sambungnya.