Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

width=GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id)  Ketua  Komisi Pemilihan Umum Lombok Utara menerima kunjungan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayangan Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Adapun maksud dan tujuan kunjungan adalah berkaitan dengan akan berakhirnya kepengurusan Ketua OSIS periode 2016/2017, pihak sekolah bermaksud akan melaksanakan pemilihan kepengurusan OSIS yang baru bekerjasama dengan pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara sebagai wujud untuk memperkenalkan kepada siswa  tentang pemilihan pemimpin yang demokratis dalam organisasi, melatih dan memberikan pemahaman dasar kepada siswa tentang organisasi Karena dari sebelumnya pemilihan kepengurusan OSIS hanya menggunakan pembagian secarik kertas yang berisikan nama calon saja yang dimasukkan ke dalam kotak (11/09/2017).

 

Dalam pertemuan ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara Fajar Marta  dan anggota Komisioner beserta Sekretaris menyambut baik maksud dan keinginan dari Kepala Sekolah beserta guru yang membidangi pembinaan kesiswaan dan ini merupakan bagian dari sosialisasi yang sangat gratis dengan harapan dapat memberikan pemahaman yang lebih terarah terhadap adik-adik siswa dalam pembelajaran politik dari sejak dibangku sekolah, apalagi sekarang ini dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dimana masyarakat yang berumur 17 tahun sudah dapat menjadi penyelenggara dan tidak seperti tahun kemarin harus berumur 25 tahun baru dapat menjadi penyelenggara atau paling tidak sudah sarjana. Akan tetapi sekarang ini anak-anak yang masih Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berumur 17 tahun sudah dapat ikut serta sebagai penyelenggara di tingkat Adhok seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dengan Pemilihan OSIS ini dapat kita buat semacam pemilihan Kepala Desa, Bupati, sampai dengan Pemilihan Presiden yang didalamnya ada penyampaian visi dan Misi dan sebagainya. Itu banyak hal yang didapatkan baik dari pihak Komisi Pemilihan Umum maupun pihak sekolah bahwa yang membaca calon itu bukannya harus beradu hantam kaitannya dengan siapa yang akan menjadi pimpinan dalam pemilihan OSIS itu sendiri.

Lebih lanjut, Beliau mengatakan bahwa akan lebih intensif bertemu kaitannya dengan rencana adik-adik siswa untuk memberikan gambaran tahapan pelaksanaan kegiatan itu sendiri. Berhubung sekarang sedang mulai tahapannya Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dirangkai dengan pemilu serentak yaitu Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Kami sebagai lembaga Komisi Pemilihan Umum sangat berterima kasih seperti dayung bersambut katanya pihak sekolah kepada Komisi Pemilihan Umum untuk kita Bersama-sama memberikan pemahaman kepada adik-adik sekolah.

Selanjutnya Burhan Ekwanto selaku Divisi Teknis menambahkan bahwa ini merupakan kebutuhan kita bersama Karena walaupun tingkat partisipasi kita 81% akan tetapi kita berharap bisa lebih, apalagi dengan adanya keinginan dari pihak sekolah yang akan mengadakan pemilihan Pengurus Ketua OSIS, kami siap memfasilitasi dan melakukan pendampingan khususnya untuk pengadaan sarana sosialisasi dan pemungutan suara dengan berkoordinasi dengan kesekretariatan.

Program ini harus kita bicarakan dan kita siapkan apalagi kita akan mengadakan pilkada mini walaupun tidak secara utuh dalam menerapkannya. Tingkat partisipasi kita pada Pilkada Gubernur yang lalu tingkat partisipasinya mencapai 81% dengan harapan di Pilkada Gubernur kali ini bisa mencapai lebih dari sebelumnya.

Kepala Sekolah Hj. Iwan berharap agar OSIS sebagai organisasi sekolah merupakan sarana dalam melatih mental para siswa untuk berorgaisasi agar nantinya dapat menjadi generasi penerus yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi, bijaksana dan bertanggungjawab. Dengan diadakannya Pemilihan Ketua OSIS ini diharapkan kedepannya pada saat menghadapi pemilu, siswa sudah tidak merasa tegang lagi karena telah memiliki pengalaman dalam pemilihan Ketua OSIS di sekolah. Selain itu juga untuk mendapatkan memberikan penilaian kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa.

Untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta adik-adik siswa dalam Pemilu, kegiatan sosialisasi terhadap penyelenggaraan Pemilu perlu dilakukan sedini mungkin. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Pemilihan Ketua Pengurus dan Ketua OSIS di tingkat SMAN 1 Kayangan. Adapun pemilihan ketua OSIS disetting sedemikian sehingga menyerupai Pemilu pada umumnya. Pemilihan ketua OSIS secara estafet dari pengurus sebelumnya kepada pengurus baru agar stabilitas kegiatan OSIS SMA terus berjalan secara kontinuitas. Berkenaan dengan datangnya pergantian tahun masa bakti 2017/2018.

Fajar Marta sangat mengapresiasi kepada SMAN 1 Kayangan yang memiliki inisiatif melaksanakan pemilihan ketua OSIS dengan meminta kepada pihak Komisi Pemilihan Umum untuk memfasilitasi kegiatannya. Ini mungkin langkah awal yang diambil pihak sekolah Karena melihat bahwa Alumni SMAN 1 Kayangan sudah menjadi Wakil Bupati Lombok Utara sehingga merupakan moment yang sangat baik untuk memberikan pemahaman dasar kepada adik-adik siswa tentang organisasi sehingga dapat memotifasi mereka untuk lebih maju. “Selanjutnya untuk lebih memantapkan rencana ini agar berkoordinasi dengan pihak sekretariat, apa saja yang perlu disiapkan dan kebutuhan yang seperlunya disuplay oleh Komisi Pemilihan Umum, imbuhnya”. by: Sub-Bag Teknis dan Hupmas