Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id)Menindaklajuti hasil rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara Senin (04/07/2017) membahas terkait Rincian Anggaran dan Belanja (RAB) hibah untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara tahun 2017, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara Fajar Marta beserta seluruh komisioner, Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, Kasubbag Teknis dan Hupmas, Kasubbag Umum, Keuangan dan Logistik serta beberapa staf pengelola Keuangan KPU Kabupaten Lombok Utara pada hari ini Rabu 5 Juli 2017 bertemu dengan Bupati Lombok Utara dalam rangka menyampaikan permohonan permohonan dana Hibah APBDP tahun 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Lombok Utara menyampaikan langsung kepada bapak Bupati DR. H. Najmul Akhyar, SH.,MH beberapa kebutuhan yang sangat mendesak untuk disuport oleh Pemerintah daerah berupa : Pertama, pembangunan gedung Logistik karena selama ini KPU Kabupaten Lombok Utara hanya bisa menyewa gudang dengan anggaran sewa 25 (dua puluh lima) juta rupiah pertahunnya dan itupun dirasa sangat rentan dengan pengawasan keamanan dari arsip Negara yang ada di gudang disebabkan lokasi gudang yang sangat berjauhan dengan kantor KPU Lombok  Utara. Kedua, Pembangunan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang kepemiluan. Dimana desain RPP akan disesuaikan muatan local yang ada di KLU, sehingga akan menjadi destinasi wisata yang tujuannya agar masyarakat yang akan berkunjung atau melihat langsung bagaimana proses kepemiluan itu tidak merasa bosan. Selain itu, disediakan tempat-tempat berupa game kepemiluan yang akan berbeda dari KPU lainnya. Dari 8 (delapan) Kabupaten/Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat hanya KPU Lombok Utara dan KPU Sumbawa Barat yang belum melaksanakan pembuatan RPP. Ketiga, pegawai kontrak yang ada di KPU Lombok Utara sebanyak 11 (sebelas) orang yang bukan kontrak daerah agar bisa dijadikan Pegawai Kontrak Daerah yang diperbantukan untuk Sekretariat KPU sehingga tidak mengurangi anggaran hibah yang diajukan agar program yang akan dilaksanakan dapat dilaksanakan dengan maksimal. Disamping itu juga, Ketua KPU Lombok Utara mengeluhkan keadaan kantor yang masih berstatus pinjam pakai sehingga untuk mendapatkan anggaran pembangunan dari KPU RI sangatlah sulit karena posisi kantor belum berstatus hibah dari Pemerintah Daerah.

Sebelum acara silaturrahmi berakhir, bapak Bupati DR. H. Najmul Akhyar, SH.,MH menanggapi permasalahan yang dihadapi selama ini oleh KPU Kabupaten Lombok Utara yaitu : Pertama, untuk pembangunan RPP akan berkoordinasi dengan Dikpora, Dinas Pariwisata dan Kominfo, Kedua, untuk status kantor akan segera dihibahkan selama tidak melebihi dari 5 (lima) milyar dari harga tanah dan bangunan dengan segera KPU bersurat ke Pemerintah Daerah untuk segera diberikan tanah hibah, Ketiga, untuk tenaga kontrak yang ada di KPU akan diusahakan untuk dijadikan tenaga Kontrak daerah yang dipekerjakan di KPU jika aturan memungkinkan serta akan berkoordinasi dengan Kabag Kepegawaian Daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara beserta seluruh komisioner dan Sekretaris berharap besar agar rencana ini bisa terealisasikan untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Tahun 2018 dan Pemilu Nasional Tahun 2019 (Tekmas KPUKLU).