Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

Gangga (kpu-lombokutarakab.go.id) -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Kegiatan berlangsung di aula Sekretariat KPU Kabupaten Lombok Utara yang dihadiri oleh Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Lombok Utara, Kepala Sub Bagian Hukum, staf Sekretariat dan Tim Helpdesk SIPOL KPU Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 30 dan 31 Mei 2017.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan sambutan Ketua Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Lombok Utara, Juaraidin, SH.,MH. Dalam sambutannya Juraidin menyampaikan bahwa petugas Helpdesk harus benar-benar memahami aplikasi SIPOL sehingga nantinya mampu memberikan pemahaman kepada partai politik yang akan melakukan konsultasi/audiensi mengenai aplikasi SIPOL tersebut.

 

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi aplikasi SIPOL tipe pengguna Partai Politik oleh Kasubbag Hukum L. Amrullah SH. Materi yang disampaikan berupa pemaparan menu-menu pada aplikasi SIPOL dan tata cara pengisian data kedalam aplikasi. “Petugas Helpdesk harus mengenal dan memahami apa saja yang disajikan pada setiap menu aplikasi SIPOL, elemen atau unsur data serta tata cara dan prinsip-prinsip pengisian data, sehingga nanti dapat menjelaskan kepada partai politik yang akan menggunakan aplikasi SIPOL ini” ujarnya.

Peserta bimtek diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba pengisian data pada aplikasi SIPOL. Para peserta bimtek dalam melakukan uji coba berlaku seolah-olah sebagai partai politik karena aplikasi ini memang diperuntukkan bagi partai politik. “Aplikasi SIPOL ini pada prinsipnya merupakan alat kerja dan syarat bagi partai politik yang akan mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum tahun 2019, hal ini berarti partai politik wajib menggunakan aplikasi SIPOL” demikian Juraidin mengingatkan disela-sela pelaksanaan bimtek.

Pada hari kedua dilaksanakan simulasi pelayanan Helpdesk. Petugas Helpdesk bertugas memberikan layanan konsultasi mengenai aplikasi SIPOL kepada partai politik. Simulasi ini dipandu oleh Ketua  Divisi Hukum dan Kasubbag Hukum dan dihadiri oleh seluruh Komisioner serta melibatkan seluruh staf  KPU Kabupaten Lombok Utara.

Simulasi yang dilaksanakan menggambarkan bagaimana tahapan dan proses pelayanan Helpdesk dalam melayani konsultasi partai politik. Terdapat banyak masukan yang diberikan oleh Komisioner maupun peserta simulasi mengenai proses pelayanan Helpdesk. Masukan ini tentunya menjadi hal sangat penting untuk meningkatkan pelayanan petugas Helpdesk nantinya ketika melaksanakan pelayanan konsultasi sebenarnya.(Tekmas-Acoe)