Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168

 width=Gangga (kpu-lombokutarakab.go.id.) – Tidak terasa kita sudah berada lagi di bulan Ramadhan. Tentunya banyak aktifitas yang kita jalani berbeda dari hari-hari biasanya. Bagi yang beragama Islam, setelah seharian puasa, malam harinya menjalankan ibadah sholat tarawih, dan sebelum subuh sudah harus bangun lebih dini untuk makan sahur. Dari perubahan kebiasaan inilah, kadang berpengaruh pada perubahan ritme atau irama kerja. 

Ketua KPU Kabupaten Lombok Utara Fajar Marta, Senin (29/5) menginstruksikan agar selama bulan Ramadhan kegiatan rutin kantor tetap berjalan sebagaimana mestinya.  Tentu saja dengan menyesuikan jam kerja masuk kantor sebagaimana diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan KPU Republik Indonesia.

Seperti deketahui, KPU RI telah menerbitkan surat Nomor 383/KPU/V/2017 tentang Penetapan Jam Kerja ASN pada Bulan Ramadhan Tahun 2017, yang  merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI, dan POLRI pada Bulan Ramadhan.

Dengan SE tersebut pada prinsipnya seluruh jajaran KPU, baik KPU provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota harus menyesuaikan jam kerja. Jam kerja sebagaimana tertuang dalam surat KPU RI Nomor 383/KPU/V/2017 adalah sebagai berikut :

1.    Hari Senin s/d Kamis, waktu kerja dari pukul 08.00-15.00 WITA.

Istirahat pukul 12.00-12.30 WITA;

2.    Hari Jum’at, waktu kerja dari pukul 08.00-15.30 WITA.

Istirahat pukul 11.30-12.30 WITA.

 

Terkait dengan pelaksanaan puasa Ramadhan di Kantor KPU Kabupaten Lombok Utara tahun ini, Fajar  Marta menyampaikan bahwa pelaksanaan tahun ini terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Ini disebabkan oleh adanya penambahan 4 (empat) program khusus yang kita canangkan selama bulan Ramadhan antara lain Pertama Pelaksanaan Shalat Dhuha, Kedua Kajian Ramadhan / Kultum secara bergiliran disampaikan oleh Seluruh Komisioner, Sekretaris dan Seluruh Kasubag. ketiga Shalat Dzuhur berjamaah dan Keempat yakni tadarrusan 1 hari 1 kali Khatam Al-qur’an.

“Insyaallah seluruh program ini akan kami laksanakan setiap hari kerja, tentunya tanpa mengganggu jam kerja efektif yang telah diatur oleh Menpan RB dan KPU RI”. Ujarnya.

 Jadi, bagi teman-teman muslim, semoga semua ini tidak mengurangi semangat dan disiplin kerja, tapi meningkatkan semangat kita dengan niat untuk memperbanyak ibadah kepada-Nya. Himbaunya. (Tekmas)