Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kpulombo/public_html/plugins/content/socbuttons/socbuttons.php on line 168


Gangga, kpu-lombokutarakab.go.id - Guna menyambut persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu 2019, Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara Juraidin, Kasubag Hukum Amrullah dan Staf Hukum Heri Wijaya menghadiri sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang diadakan oleh KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat. Acara ini berlangsung selama 3 (tiga) hari tanggal 15 s/d 17 Mei 2015 yang bertempat di Hotel Jayakarta – Mataram dan dihadiri oleh seluruh KPU Se-Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Juraidin yang ditemui setelah acara ini mengatakan bahwa sosialisasi ini menjadi sangat penting bagi kita untuk menyiapkan diri, baik KPU maupun partai politik untuk sejak awal memahami bagaimana prosedur verifikasi dan apa saja yang harus disiapkan oleh partai politik,” terangnya.

Secara garis besar tujuan dari adanya aplikasi Sipol adalah dalam rangka membantu proses pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu yang nantinya akan punya satu proses yang teliti, akurat, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Aplikasi SIPOL digunakan untuk mempermudah proses verifikasi calon partai politik peserta Pemilu 2019 yang mengutamakan prinsip keterbukaan. Sehingga proses yang berlangsung dalam tahapan tersebut dapat berjalan secara transparan” Ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa prinsip keterbukaan tersebut merupakan poin penting yang ingin terus dipertahankan oleh KPU dalam tiap penyelenggaraan pemilu. 

“Prinsip keterbukaan ini sebagaimana dalam pemilu yang lalu menjadi poin penting bagi kita semua,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa sistem tersebut tidak hanya akan memudahkan kinerja penyelenggara pemilu, tapi juga partai politik. Partai politik dapat menyiapkan data dengan lebih mudah dan dapat memperbaikinya sewaktu-waktu. 

“Nantinya partai politik dapat melakukan input data yang terkait dengan pemenuhan syarat pendaftaran peserta pemilu”. Terangnya.

Adapun input data tersebut di antaranya berupa profil partai, anggota partai, pengurus partai, dan kantor partai. Penggunaan Sipol juga dapat mendeteksi kegandaan keanggotaan partai politik dengan cara melakukan input data berupa nomor keanggotaan partai dan nomor identitas kependudukan (NIK) anggotanya.

Khusus di KPU Kabupaten Lombok Utara, dalam waktu dekat ini kami akan membentuk Help Desk untuk memudahkan proses pelayanan dan konsultasi partai politik terkait Aplikasi Sipol ini. Lanjutnya. (Tekmas)