Selasa, 21 Agustus 2018, WIB

Kamis, 03 Mei 2018, 16:09:25 WIB, 29 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Jakarta, kpu.go.id - Sebanyak 37 dari 40 anggota Tim Seleksi (Timsel) Tahap IV telah dilantik di Jakarta, Kamis (3/5/2018). Pesan yang dititipkan untuk para anggota timsel yang berasal dari berbagai latar belakang disiplin keilmuan ini, agar teliti mencari calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi, serta kab/kota terbaik juga menjaga integritasnya dalam bertugas, menghindari konflik kepentingan serta meminimalisir kesalahan. 

"Saya ingin bapak/ibu hati-hati, jangan sampai ada kelemahan sedikitpun untuk dikomplain," ujar Arief saat membuka sesi pembekalan timsel di Hotel Harris Vertu Jakarta. 

Menurut Arief berdasarkan pengalamannya selama ini, calon yang tidak lolos akan mencari kesalahan timsel baik disengaja atau tidak. Dan apabila ditemukan kesalahan maka akan dijadikan senjata melaporkan. "Bahkan ada yang kompak (calon tidak lolos) untuk melaporkan kinerja timsel yang dianggap tidak independen,"  kata Arief. 

Arief juga mengingatkan bahwa dalam tiga bulan bertugas, timsel tidak jarang akan berada pada posisi tidak nyaman dan tekanan. "Bahkan profil timsel itu bisa dikuliti (oleh calon)," imbuh Arief. 

Namun kondisi demikian menurut dia tidak perlu menjadi kekhawatiran selama timsel bekerja transparan dan sesuai aturan. 

Sementara itu Kepala Biro SDM Lucky Firnandi Majanto berharap melalui timsel yang telah dibentuk dapat menghasilkan calon anggota KPU yang memiliki integritas kepribadian kuat, jujur dan adil. "Serta calon KPU provinsi dan kab/kota yang punya kepribadian," kata Lucky. 

Lucky menjelaskan pada sesi pembekalan sendiri, materi yang diberikan kepada timsel mencakup PKPU yang mengatur tentang seleksi anggota KPU, petunjuk teknis, kode etik penyelenggara, hingga gender dalam pemilu. "Dan kami juga akan sampaikan tatacara tes tertulis dengan menggunakan CAT serta tes kesehatan," tambah Lucky.

Hadir dalam kegiatan ini, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Hasyim Asy'ari, Evi Novida Ginting Manik serta pembicara Wahidah S. (hupmas kpu/dosen-dianR/foto:dosen/ed diR) 

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/6039/Timsel-Hindari-Kesalahan-Dalam-Bertugas/berita



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar