Minggu, 21 Oktober 2018, WIB

Kamis, 03 Mei 2018, 16:04:44 WIB, 41 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Jakarta, kpu.go.id – Tata kelola logistik pemilu menjadi sangat penting dalam menjaga kedaulatan rakyat. Sebab didalam logistik tersimpan kepercayaan masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya melalui surat suara dan formulir.

 

KPU mempunyai kewajiban memproduksi, mendistribusikan, dan menyimpan logistik pemilu dengan baik, terutama logistik pemungutan suara. Apabila KPU tidak mengelolanya dengan baik, akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Ketua KPU RI Arief Budiman menegaskan hal tersebut dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik terkait Tata Kelola Manajemen Gudang Logistik Pemilu/Pemilihan Gelombang III, di Jakarta Rabu (2/5/2018) malam.

“Logistik pemilu memiliki makna kandungan substansi yang luar biasa untuk mengkonversi surat suara pemilih menjadi kursi yang diduduki oleh pemimpin dan wakil rakyat. Untuk itu, kedaulatan rakyat sebagian ada di tangan kita dengan kewajiban mengelola dan menjaga dengan baik,” tutur Arief di depan peserta bimtek gelombang III dari 9 KPU Provinsi dan 174 KPU kabupaten/Kota.

Arief juga menekankan pentingnya ketelitian atas warna identitas partai politik (parpol) yang harus sesuai, kertas surat suara yang selalu dalam kondisi baik (tidak robek, berlubang), distribusi yang tidak salah alamat dan jumlah tepat, serta kemudian setelah pemungutan suara selesai dikembalikan untuk disimpan dengan baik.

“Hati-hati juga dengan sewa gudang logistik, jangan sampai terjadi lagi seperti di salah satu daerah di Papua. Harga sewa yang mahal, sehingga KPU kesulitan dan telat membayarnya, saat dibuka isi gudang sudah hilang, dijual oleh pemiliknya. Ini penting, karena logistik pemilu yang belum waktunya dimusnahkan, apabila hilang bisa kena pidana,” jelas Arief yang juga sempat membidangi divisi logistik. (hupmas kpu/arif/foto JAP27/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/6035/Tata-Kelola-Logistik-Jaga-Kedaulatan-Rakyat/berita



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar