Minggu, 22 April 2018, WIB

Selasa, 13 Mar 2018, 16:34:08 WIB, 78 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Jakarta, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Nama dan Tanda Gambar Parpol Peserta Pemilu Pada Surat Suara Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota, di Ruang Sidang Utama KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Selasa (13/3/2018).

Hadir dalam rakor tersebut, Anggota KPU Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid Tanthowi, Kepala Biro Perencanaan Sumariyandono, Kepala Biro Logistik Purwoto Ruslan Hidayat serta sejumlah perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019.

Dalam sambutannya Hasyim menegaskan pentingnya rakor digelar sebagai ruang bagi parpol untuk memastikan logo dan warna partainya telah sesuai dengan desain surat suara yang dimiliki KPU. Apalagi logo dan warna partai di surat suara erat kaitannya dengan pilihan masyarakat di hari pemungutan suara nanti. “Karena disitulah (surat suara) alat utama pemilih mengekspresikan suara dan partai mengekspresikan dirinya kepadapemilih,” ujar Hasyim.

Hasyim berharap perwakilan partai yang hadir pada rakor juga membawa mandat resmi tentang ciri khas logo dan warna partainya masing-masing. Hal ini penting sebab dia meyakini antara partai satu dengan partai lainnya meski memiliki warna yang hampir sama namun identitas yang berbeda. “Seperti warna biru itu dimiliki oleh beberapa partai, maka pasti ada ciri yang membedakan,” kata Hasyim.

Senada, Sumariyandono mengatakan tujuan dari rakor adalah menyamakan persepsi tentang rumusan warna dan lambang partai sebelum didesain dalam surat suara pemilu 2019. Selain itu, lambang dan warna partai juga bisa digunakan KPU untuk menyiapkan bahan kampanye serta kebutuhan sosialisasi lainnya.

Sumariyandono melanjutkan bahwa kegiatan satu hari ini diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan bersama, mengingat apa yang dicapai akan dimasukkan dalam Peraturan KPU (PKPU). “Kami rencanakan akan kami buat PKPU. Jadi desain dari lambang tulisan akan diputuskan melalui PKPU, sama seperti penetapan nomor urut peseta pemilu,” tambah Sumariyandono.

Pada kesempatan itu didengarkan paparan dari Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Disabilitas (PPUA Penca), sebagai masukan untuk desain template surat suara pemilih disabilitas. (hupmas dianR/FOTO Ieam/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5733/Siapkan-Desain-Surat-Suara-KPU-Gelar-Rakor-Sinkronisasi-Warna-dan-Logo-Parpol





Tuliskan Komentar