Senin, 19 Februari 2018, WIB

Kamis, 25 Jan 2018, 14:06:05 WIB, 51 View abdul gapur, Kategori : BERITA KPU KLU

Gangga (kpu-lombokutarakab.go.id) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara (KPU KLU), Rabu 24 Januari 2018, menggelar rapat koordinasi internal antara komisioner dan jajaran sekretariat KPU KLU. Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti verifikasi faktual partai politik paska putusan Mahkamah Konstitusi, KPU RI telah mengeluarkan 2 peraturan yaitu PKPU Nomor 5 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD.

Ketua KPU KLU, Fajar Marta, S. Sos., dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh pihak menyamakan pemahaman terhadap ketentuan verifikasi faktual dalam PKPU tersebut, “ Kita akan mengundang partai politik untuk mensosialisasikan terkait ketentuan verifikasi partai politik paska putusan MK.”

Pada kesempatan yang sama Ketua Divisi Hukum KPU KLU, Juraidin memaparkan beberapa hal mengenai ketentuan verifikasi faktual. “ Terdapat beberapa penyesuaian ketentuan verifikasi faktual baik dalam PKPU 5 dan PKPU 6 Tahun 2018 dari sisi tata cara maupun dari sisi waktu pelaksanaan verifikasi yang lebih singkat,” Ungkapnya.

Para peserta rapat juga menyampaikan pandangan mengenai ketentuan dan jadwal verifikasi faktual serta langkah apa saja yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaannya. Peserta rapat menyepakati pembentukan dan pembagian tim serta jadwal verifikasi faktual. Jadwal verifikasi faktual nantinya akan disampaikan kepada partai politik. (by: Sub-Bag Teknis dan Hupmas)





Tuliskan Komentar