Selasa, 21 Agustus 2018, WIB

Selasa, 15 Mei 2018, 08:43:07 WIB, 26 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Tangerang, kpu.go.id - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra resmi membuka kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Satu Pasangan Calon Pemilihan Serentak 2018 di Lapangan Gandasari, Tangerang, Banten, Sabtu (12/5/2018) sekira pukul 10.15 WIB.

Kota Tangerang sendiri adalah satu dari sejumlah daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dengan satu pasangan calon. 

Dalam kesempatan tersebut, Ilham mengajak masyarakat untuk mengikuti proses simulasi hingga tuntas. Dia juga mengingatkan bahwa pemahaman terkait pelaksanaan pilkada satu pasangan calon sangat penting untuk meminimalisir kesalahan. Dia juga mengajak jajarannya untuk tetap menjaga integritas dan independensi sekalipun kegiatan hanya dilakukan sebatas simulasi.

"Tidak ada lagi penyelenggara pemilu yang dilaporkan karena tidak netral, karena kita punya modal dukungan masyarakat, menurut salah satu harian 75 persen kita dipercayai masyarakat, kemudian menjalin komunikasi dengan Bawaslu, jangan ada ego sektoral," tegas Ilham.

Dari simulasi ini, Ilham memastikan akan adanya evaluasi yang dapat dijadikan rekomendasi bagi KPU Kota Tangerang maupun 14 KPU daerah lain yang akan menyelenggarakan pilkada dengan hanya satu pasangan calon. Dia berharap apa yang terjadi selama simulasi dapat dijadikan pengetahuan baik untuk penyelenggara maupun masyarakat. 

"Silakan ikuti proses ini dengan baik, agar seluruh masyarakat yang kabupaten/kotanya memiliki satu pasangan calon bisa terpahami dengan baik. Untuk itu kami akan lakukan sosialisasi masif agar tidak ada kesalahan yang menyebabkan surat suara rusak, kami minta dukungan kepada semua pihak," tutup Ilham 

Simulasi pilkada calon tunggal turut dihadiri Kepala Biro Teknis dan Hupmas, Nur Syarifah, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), M Affifudin, Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna, Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi, Pjs Wali Kota Tangerang Muhammad Yusuf, jajaran Polres-Dandim serta beberapa perwakilan KPU Daerah yang menggelar pemilihan calon tunggal. (hupmas kpu/bil/foto: ieam/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/6072/Pahami-Proses-Pilkada-Satu-Pasangan-Calon/berita



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar