Jumat, 21 September 2018, WIB

Jumat, 29 Jun 2018, 09:02:48 WIB, 32 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Surabaya, kpu.go.id - Apresiasi disampaikan dua Non Government Organization (NGO) Internasional, Asian Network for Free Election (ANFREL) serta International Foundation for Electoral System (IFES) atas kualitas pemilu Indonesia yang semakin baik. 

Direktur Eksekutif ANFREL Watawala Chandanie melihat semakin baik kualitasnya pemilu maupun pilkada di Indonesia bisa dilihat dari partisipasi yang sangat tinggi serta pengetahuan masyarakat tentang hak dan kewajibannya sebagai pemilih yang semakin baik. "Dibanding negara lainnya Indonesia lebih depan demokrasi meski ada yang perlu diperbaiki lagi," ujar Watawala saat menyampaikan paparannya dalam acara Election Visit Program (EVP) 2018 di Surabaya Selasa (26/6/2018).

Hadirnya pilkada serentak menurut Watawala juga jadi kelebihan tersendiri. Apalagi pilkada serentak ini sudah bukan menjadi hal baru karena telah dimulai sejak beberapa tahun lalu saat beberapa wilayah di Aceh. "Aceh pengalaman bagus karena mereka memberi pengalaman berbeda," tutur Watawala. 

Lain dari itu Watawala juga melihat keunggulan dari penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan di Indonesia adalah  jadwal yang tidak berubah. "Beberapa negara khususnya Asia tanpa alasan yang jelas dia ingin menunda pemilu dan ini terjadi seperti Sri Lanka hingga masyarakatnya bertanya kenapa tidak ada pemimpin lokal selama bertahun-tahun," ucapnya.

Direktur Wilayah IFES Indonesia Admira Dini Salim melihat baiknya kualitas pemilu dan pilkada lebih pada tingkat partisipasi perempuan untuk ikut berpartisipasi didalamnya. Peningkatan partisipasi perempuan ini menurut dia juga disebabkan pelatihan dan peningkatan pengetahuan mereka tentang pentingnya suatu pemilu atau pilkada. "Kita melatih bagaimana mereka bisa mencalonkan diri, bisa menjadi penyelenggara pemilu,"  ucap Admira. (hupmas kpu dianR/foto: dosen-ieam/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/6245/NGO-Internasional-Apresiasi-Kualitas-Pemilu-Indonesia



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar