Senin, 19 Februari 2018, WIB

Senin, 12 Feb 2018, 16:50:15 WIB, 7 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Jakarta, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi melantik 115 orang tim seleksi (timsel) yang akan bertugas menyeleksi calon anggota KPU kabupaten/kota 2018-2023. Ketua KPU Arief Budiman berharap anggota ke-115 anggota timsel ini dapat menyeleksi dan mencari calon anggota KPU kabupaten/kota yang berintegritas tinggi dan mampu bekerja di bawah tekanan.

“Kami berharap bapak dan ibu dapat menghasilkan anggota KPU yang terbaik. Tentu, semua yang daftar adalah orang-orang pilihan, tapi kami ingin bapak/ibu sekalian pilih yang terbaik,” ucap Arief di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut Komisioner KPU, Ilham Saputra, Viryan, Pramono Ubaid Tanthowi, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Hasyim Asy'ari serta Sekretaris Jenderal KPU, Arif Rahman Hakim.

Usai dilantik, ratusan timsel kemudian mendapat pembekalan dari para komisioner. Salah satunya komisioner KPU, Ilham yang meminta agar timsel mencari calon anggota KPU yang tahan terhadap godaan dan intimidasi dari berbagai pihak. “Kita membutuhkan orang-orang yang karakternya tidak memble, kuat, tahan tekanan dan kekeuh dalam mempertahankan prinsip integritas dan prinsip yang ada dalam undang-undang,” ucap Ilham.

Sementara itu, Viryan meminta para timsel juga memperhatikan proses rekruitmen dan penyebaran informasi sehingga dapat diakses oleh berbagai daerah. Sedangkan Pramono meminta timsel memperhatikan kode etik dalam bertugas. “Setiap saat kami bisa saja mengganti bapak/ibu yang melanggar kode etik. Jadi mohon perhatian prosedur dan tata cara diikuti sebaik-baiknya, jangan melampaui kewenangan yang diatur,” kata Pramono.

Lebih lanjut, Evi dan Wahyu berpesan kepada timsel untuk menanggalkan kepentingan kelompok, golongan, dan agama tertentu dalam memilih calon Anggota KPU. Sebagai tambahan, Hasyim mengingatkan timsel dapat memilih calon anggota yang memahami karakter kelembagaan. Sebab, meski dilantik oleh KPU Pusat berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Anggota KPU nantinya tetap harus bertanggungjawab kepada KPU Kabupaten/Kota.

Terakhir, Sekjen, Arif berpesan kepada timsel untuk tidak perlu khawatir dalam mengerjakan tugas administrasi dan keuangan. Kata Arif, nantinya akan ada sekretaris yang akan membantu membuat laporan tersebut.

Untuk diketahui dari 115 timsel yang dilantik hari ini, KPU kemudian membaginya dalam 23 tim, yang masing-masing tim terdiri dari 5 orang anggota timsel. Mereka berasal dari sejumlah latar belakang profesi mulai dari akademisi, pegiat pemilu, psikolog, ahli hukum serta tokoh masyarakat. Untuk pelaksanaan rekrutmen anggota KPU kali ini, pembentukan dan pelantikan anggota timsel tingkat kab/kota dilakukan langsung oleh KPU, sebagaimana amanat pasal 31 Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. Sebelumnya dengan UU 8 Tahun 2012 pembentukan dan pelantikan timsel untuk tingkat kab/kota dilaksanakan oleh masing-masing KPU Provinsi. (hupmas bil/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5538/Lantik-115-Timsel-KabKota-Ketua-KPU-Hasilkan-Anggota-KPU-Terbaik





Tuliskan Komentar