Selasa, 23 Januari 2018, WIB

Rabu, 03 Jan 2018, 12:53:36 WIB, 16 View NASIHIN, Kategori : BERITA KPU KLU

GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id)  - Salah satu tahapan yang dilakukan KPU pusat jelang Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang adalah pendaftaran partai politik. Di tingkat daerah, parpol harus menyerahkan dokumen parpol untuk kemudian dilakukan penelitian administrasi.

KPU Lombok Utara menerima salinan bukti keanggotaan partai politik pada 3 Oktober hingga 16 Oktober lalu.       Meskipun tenggal waktu partai politik melengkapi berkas di KPU Lombok Utara berakhir pada 16 Oktober, namun dengan keluarnya SE KPU  Nomor : 585/PL.01.0-SD/03/KPU/X/2017 tanggal 16 Oktober 2017, maka parpol yang sudah mendaftar di pusat diberikan waktu tambahan 1x24 jam untuk melengkapi berkas di daerah.

            Pada proses ini, di Lombok Utara ada 18 parpol yang melengkapi berkas yakni Partai Golkar, NasDem, Gerindra, PDI Perjuangan, PAN, PKPI, Hanura, PPP, PBB, Partai Demokrat, PKB, Partai Idaman, Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo, Parsindo, Partai Rakyat dan Partai Republik.

            Setelah proses penyerahan dokumen berakhir, ada 12 parpol yang dinyatakan lolos yakni Partai Golkar, Nasdem, Gerindra, PDI Perjuangan, PAN, Hanura, PPP, Partai Demokrat, PKB, Partai Rakyat, Partai Garuda, dan Perindo. Sedangkan PKS dan PSI yang dinyatakan lolos di pusat, tidak melengkapi dokumen di Lombok Utara. Meskipun tidak melengkapi dokumen, PKS dan PSI tetap lolos di pusat.

            Dalam perjalanannya, PKPI, PBB, Partai Idaman, Partai Bhineka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA diloloskan Bawaslu, setelah sembilan partai ini melakukan gugatan. Dari sembilan partai ini yang diproses lebih lanjut di KPU Lombok Utara ada enam partai yakni PKPI, PBB, Partai Idaman, Partai Rakyat, Partai Republik, dan Parsindo. Berdasarkan keputusan KPU Nomor : 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017, maka tanggal 21 – 30 November 2017 dilakukan penelitian administrasi terhadap ke enam parpol ini. Kemudian pada tanggal 1 Desember 2017, KPU Lombok Utara menyampaikan hasil penelitian ini kepada parpol serta diberikan waktu untuk perbaikan administrasi mulai tanggal 2 – 15 Desember 2017. Sampai dengan berakhirnya masa perbaikan, dari enam parpol tersebut hanya Partai Idaman yang tidak menyerahkan dokumen perbaikannya.

            “Untuk lima partai ini masih dilakukan penelitian administrasi perbaikan. Kalau lima partai ini dinyatakan lolos penelitian administrasi maka akan dilanjutkan ke verifikasi faktual berdasarkan keputusan dari KPU.” ujar Komisioner KPU Lombok Utara Divisi Hukum dan Pengawasan Juraidin. by: Sub-Bag Teknis dan Hupmas.





Tuliskan Komentar