Selasa, 21 Agustus 2018, WIB

Kamis, 03 Mei 2018, 15:57:26 WIB, 73 View abdul gapur, Kategori : BERITA KPU KLU

GANGGA (kpu-lombokutarakab.go.id) – Dalam Pelaksanakan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Utara, Hari Rabu (02/05) mengelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dengan Masyarakat di Dusun Sembagek, Desa Sukadana, Kec. Bayan yang mengusung tema "MASYARAKAT ADAT BERDAULAT, NEGARA KUAT".

Kegiatan kali ini melibatkan Kyai Santri, Penghulu, Pembekel, Mak Lokak Montong, Mangku, Santri Lokak, Mak Lokak Pengagek, Mak Belian, Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat Adat Lainnya di Desa Adat Sembagek, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan.

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sukadana (R. Sawinggih, S.Sos) menyampaikan bahwa beliau bersama warga berterima kasih kepada KPU KLU yang sudah                                                                                                                                                                                                                                                                                                               menyempatkan hadir di tengah-tengah mereka untuk menyampaikan informasi serta sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018.

 

“Masyarakat yang berada di Dusun Sembagek ini sekitar 105 Kepala Keluarga, dimana masyarakat yang tinggal di kawasan Sembagek memiliki keunikan atau kekhasan yang tidak kita temukan ditempat lain”. Paparnya.

 

Masyarakat yang tinggal di desa ini hidup tanpa listrik, tanpa semen dan tanpa minyak goreng. Ada 3 kearipan yang ada di Dusun Sembagek yang akan terus mereka jaga sampai kapanpun karena menurut mereka apa yang ditinggalkan oleh leluhur mereka itu ternyata sangat bermanfaat dikehidupan sekarang ini. Walapun memang ada beberapa orang berpendapat bahwa mereka ini sangat awam, sangat tradisional dan sangat jauh dalam modernitas dan diatur dalam awik-awik.

 

  • Di Desa ini kami memiliki 2 Komunitas adat salah satunya adalah Dusun Sembagek dan sudah memiliki pengalaman yang luas, saat ini anak-anak kami pacu untuk terus bersekolah yang setinggi-tingginya karena kami sadar tantangan kita kedepan saat ini adalah lemahnya di pendidikan”. Lanjutnya.

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Divisi Teknis BURHAN EKWANTO menyampaikan pula, KPU KLU ingin menyampaikan informasi tentang Pemilihan Gubernur pada tanggal 27 Juni 2018 hari Rabu. KPU sudah menetapkan 4 Pasangan Calon yaitu Nomor Urut 1 Pasangan SUHAILI AMIN, Nomor Urut 2 Pasangan AHYAR MORI, Nomor Urut 3 Pasangan ZUL ROHMI dan Nomor Urut 4 Pasangan ALI SAKTI.

“Kami KPU Kabupaten Lombok Utara tidak mensosialisasikan 1 (satu) Pasangan Calon saja tapi keempatnya (Pasangan Calon. Red) dan masyarakat bisa menentukan pilihannya dengan melihat dan memperhatikan Visi dan Misi Pasangan Calon”. Jelasnya.

Untuk bisa memilih syarat pertama warga sudah terdaftar di DPT yang berisi nama-nama yang memenuhi syarat sebagai Pemilih, warga bisa memastikan apakah Nama mereka sudah terdaftar di DPT atau belum dengan melihat DPT yang sudah ditempel di PPS setempat.

“Ada hal yang baru dan berbeda antara pemilihan-pemilihan yang lalu dengan Pemilihan Gubernur yang akan kita laksanakan tahun ini yaitu Pemilih wajib membawa e-KTP ke TPS. kalau tidak ada C6 atau surat pemberitahuan, maka pemilih masih bisa dimaklumi tapi kalau e-KTP adalah menjadi hal yang wajib. Jika Pemilih belum mempunyai e-KTP, maka DUKCAPIL akan mengeluarkan Surat Keterangan bagi yang sudah melakukan perekaman dan bagi warga masyarakat yang belum terdaftar di DPT, maka masih bisa menyalurkan hak pilihnya asalkan mempunyai e-KTP dan dilayani setelah Jam 12.00 siang ”. Tambanya. (Tekmas KPU KLU).

 



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar