Minggu, 22 April 2018, WIB

Selasa, 13 Feb 2018, 11:11:25 WIB, 83 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Surabaya, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Procurement yaitu Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) dan E-Tendering pengadaan logistik Pemilu 2019, Senin (12/2) di Surabaya, Jawa Timur.

Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari ini diselenggarakan KPU bersama 548 operator SIRUP dari 34 KPU provinsi dan 514 KPU kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Menurut Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, sistem informasi terkait pengadaan tersebut sangat penting dalam membangun budaya kerja transparan, efisien, dan akuntabel. SIRUP ini juga langkah awal menuju tata kelola logistik yang baik.

“Sistem informasi ini sangat penting dalam membangun budaya kerja yang transparan, efisien, dan akuntabel. Kita tidak mungkin hanya berbekal komitmen niat baik, karena momitmen itu harus distrukturisasi ke dalam perangkat sistem, seperti SIRUP, e-katalog, dan e-tendering,” papar Pramono dalam sambutan pembukaan bimtek.

Sistem dan komitmen tersebut sama pentingnya, tambah Pramono. Untuk itu ke depan semua pengadaan akan berbasis sistem dan sistem tersebut akan lebih dimaksimalkan.

“Membangun sistem itu terkait juga dengan budaya, karena membiasakan sistem itu tidak mudah, dan seluruh pengadaan barang/jasa logistik pemilu ke depan akan melalui e-katalog,” tutur Pramono yang juga membidangi Divisi Logistik di KPU RI.

Pramono juga mengingatkan bahwa pengadaan logistik pemilu itu harus mengedepankan keterbukaan, tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. Apalagi saat ini semua level merasakan kesibukan sangat tinggi.

“Saat ini bisa jadi KPU kabupaten/kota melaksanakan tahapan tiga pemilu, yaitu tahapan pemilihan bupati/walikota, pemilihan gubernur, dan pemilu nasional, untuk itu pentingnya SIRUP tersebut sebagai bagian keterbukaan pengadaan logistik kita,” jelas Pramono.(Arf/red. FOTO Dosen/Humas KPU)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5548/KPU-Gelar-Bimtek-E-Proc-Pengadaan-Logistik-Pemilu-2019





Tuliskan Komentar