Selasa, 21 Agustus 2018, WIB

Selasa, 13 Mar 2018, 16:28:17 WIB, 89 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Surabayakpu.go.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengajak kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk menjadi agen dalam penyebaran informasi pemilu. Kegiatan sosialisasi bagi KPU selalu membutuhkan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, dimana kampus termasuk di dalamnya.

 

“Jadi semua kelompok itu sudah kita jadikan partner, jadi agen yang mampu menyebarkan informasi pemilu,” ujar Arief saat menyampaikan orasi demokrasi, kegiatan KPU Goes To Campus di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa timur (Jatim) Senin (12/3/2018).

Kegiatan KPU Goes To Campus rutin digelar dengan tujuan menyosialisasikan Pilkada 2018 serta Pemilu Serentak 2019 kepada pemilih muda.

Arief pun mengajak mahasiswa yang hadir untuk menyebarkan informasi kegiatan yang diikutinya melalui jejaring sosial. Menurut dia sosialisasi melalui jejaring sosial terbukti cukup efektif mengajak dan menginformasikan kegiatan kepemiluan kepada masyarakat. “Kalau ada 300 mahasiswa, masing-masing punya followers seribu, maka ada tiga ratus ribu yang tahu. Maka yang tersosialisasikan sebanyak itu,” kata Arief.

Menurut pria lulusan Unair jurusan Hubungan Internasional tersebut, KPU sendiri telah menyediakan sistem informasi mengenai tahapan pilkada dan pemilu dalam website kpu.go.id. Hal ini sebagai bentuk transparansi dan integritas yang tinggi mengenai seluruh tahapan pemilu. “Ada ingin tahu terdaftar atau tidak, ingin tahu profil atau kandidat calon kepala daerah ada Silon, ingin tahu informasi parpol anda klik sipol. Yang paling akhir penetapan pemilu, anda tinggal klik situng, hasil pileg, pilpres ada semua disitu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Unair Adi Subhan, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Civitas akademika Unair menurut dia siap mendukung KPU dalam bekerja dan memberikan kritik apabila diperlukan. “KPU sudah on the track dalam menjalankan pemilu. Kegiatan ini penting, mahasiswa selain belajar hard skill tapi soft skill, termasuk bagaimana kita partisipasi dalam pemilu. Makanya kegiatan ini juga penting. Di kampus juga terjadi pilih memilih diantaranya ketua BEM dan pemilihan lainnya,” ujar Adi.

KPU Goes To Campus yang digelar secara serius tapi santai tersebut, diisi dengan beragam aktivitas, diantaranya diskusi kepemiluan yang bertemakan “Pemilu Pemula, Pemilih Cerdas, Pemilu Berkualitas” dengan narasumber Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, Ketua pusat informasi dan Humas universitas Airlangga Suko Widodo, dan ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito dan dipandu oleh MC kondang Anya Dwinov.

Dalam diskusi tersebut, terlihat antusiasme dari mahasiswa. Hal itu terlihat dari dialog interaktif antara narasumber dengan para peserta. Para agen perubahan itu menawarkan ide-ide cemerlang maupun pertanyaan soal isu-isu kepemiluan terkini.

Selain itu, ada pula Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang memberikan informasi kepemiluan; Kuis Pemilu; dan penyajian kuliner khas Jawa timur diantaranya Rujak Cingur, Bakwan Malang, Rawon, dan aneka jenis makanan lainnya. (ook/red. Foto: Dody/HumasKPU/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5727/Ketua-KPU-Ajak-Mahasiswa-Sosialisasikan-Pilkada-dan-Pemilu/berita



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar