Jumat, 19 Oktober 2018, WIB

Rabu, 04 Apr 2018, 08:27:49 WIB, 47 View abdul gapur, Kategori : Berita KPU RI

Jakarta, kpu.go.id - Mencegah infeksi dan penularan difteri dilingkungan lembaga pemerintahan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar imunisasi difteri kepada jajaran staf, Selasa (3/4/2018). Bertempat di Klinik Pratama KPU, para pegawai lintas biro di lingkungan kesekretariatan mengikuti tahapan imunisasi difteri dimulai dengan pemeriksaan fisik berupa tekanan darah dan pengukuran suhu tubuh dan diakhiri dengan imunisasi dengan cara disuntik.

Imunisasi difteri dilingkungan KPU sendiri berlangsung 2-5 April 2018. Seluruh pegawai diimbau untuk mengikuti kegiatan yang tidak dipungut biaya ini. Para pegawai yang telah mengikuti imunisasi difteri April ini mendapat kartu pemeriksaan yang digunakan untuk mengulang kembali imunisasi serupa pada Mei serta November 2018.

Sejumlah pegawai dilingkungan KPU menyambut baik kegiatan imunisasi difteri ini. Kasubag Pemberitaan KPU Kadar Setyawan menganggap keikutsertaannya dalam kegiatan imunisasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut. Selain untuk mencegah diri dari penularan penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae. ”Karena itu bagian dari program pemerintah maka saya ikut menyukseskan program itu. Saya menyadari dengan informasi imunisasi ini saya dapat terhindar dari infeksi difteri kepada diri saya sendiri,” ujar Kadar.

Senada, staf Biro Teknis dan Hupmas KPU, Ahmad Ilham menganggap penting imunisasi yang diikutinya ini.  Dia yang mengaku baru pertama kali mengikuti imunisasi difteri berharap dapat terhindar dari penyakit yang telah merenggut 44 orang meninggal dunia sepanjang 2017 di 33 provinsi di Indonesia. “Awalnya takut tapi untuk menghindari penyakit jadi memberanikan diri untuk kesehatan sendiri,” tambah Ilham.

 

Difteri sendiri adalah nama penyakit yang berasal dari infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menyerang selaput lendir di hidung dan tenggorokan. Penyakit ini juga terkadang dapat memengaruhi kulit dan masuk penyakit menular serta dapat mengancam jiwa. Ada enam cara menghindari penularan penyakit ini, mulai dari imunisasi, menghindari kontak langsung dengan penderita difteri, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar termasuk mencuci tangan sebelum makan, menjaga stamina tubuh dengan makan makanan bergizi, melakukan pemeriksaan kesehatan teratur serta segera memeriksakan ke unit pelayanan kesehatan terdekat bila mempunyai keluhan sakit saat menelan. (hupmas kpu/dianR-bili-Ieam/FOTO dianR-Ieam/ed diR)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2018/5865/Cegah-Difteri-Jajaran-Pejabat-dan-Staf-KPU-Jalani-Imunisasi/berita



Jumat, 29 Jun 2018 Pilkada 2018 Aman dan Lancar


Tuliskan Komentar