Senin, 19 Februari 2018, WIB

Selasa, 06 Feb 2018, 14:01:05 WIB, 15 View abdul gapur, Kategori : Berita Pemkab KLU

Humaspro Setda KLU, Gangga - Senin (5/1) bertempat di Desa Persiapan Selelos Kecamatan Gangga. Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH bersama Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH menghadiri Launching Penghijauan Sumber Mata Air.

Hadir juga pada kegiatan Launching, Kepala Balai Wilayah Sungai NTB, unsur DPRD, Wakapolres Lombok Utara, TNI, Direktur PDAM KLU, Kadis Pariwisata, Perwakilan Kepala OPD, Camat Gangga serta rekan media.

Direktur PDAM KLU Raden Waliadin dalam sambutannya, melaporkan bahwa launching Penghijauan Sumber Mata Air yang bertema "Tajuk Air 2018" ini berlokasi pada sumber mata air Jong Planga Desa Persiapan Selelos. Penghijauan sumber mata air, lanjutnya, dimulai awal Desember 2017, bertujuan untuk menjaga dan melestarikan sumber air yang potensial.

"Melalui kegiatan penghijauan ini, kita ingin mengembalikan fungsi hutan sebagai tangkapan/pelindung air dengan menanam beberapa jenis Pohon Beringin, Gatep, Ancak dan lain-lain," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara dalam paparannya, bersyukur dengan kegiatan penghijauan yang bisa terus berihktiar melestarikan alam.

"Saya masih teringat pesan seorang mantan Menteri Lingkungan Hidup Prof. Emil Salim, yang menyatakan 'alam bukan warisan nenek moyang kita, tapi titipan untuk anak cucu kita'. Jadi kita berkewajiban untuk memelihara alam titipan dari anak cucu kita," ungkap bupati yang juga pernah punya pengalaman sebagai akademisi itu.

Bupati berharap, agar kegiatan penghijauan bukan hanya sebuah simbolik ditanam kemudian ditinggalkan. Lanjutnya, agar biaya pembukaan seremonial tidak lebih besar dari biaya pohon yang ditanam.

"Mari kita membangun kesadaran bahwa air pada akhirnya akan habis, apabila hanya digunakan saja, untuk itu mari bersama-sama rutin menanam pohon dan terus merasa memiliki Kabupaten Lombok Utara sehingga kita bisa menjaganya bersama-sama," ajak bupati yang energik itu mengakhiri sambutan.

(sas/humaspro) Foto: rsd/humaspro

http://lombokutarakab.go.id/v1/berita/166-bupati-wabup-launching-penghijauan-sumber-mata-air

 





Tuliskan Komentar