Minggu, 22 April 2018, WIB

Kamis, 05 Apr 2018, 11:23:53 WIB, 20 View abdul gapur, Kategori : Berita Pemkab KLU

Humaspro Setda KLU, Sumbawa - Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH dan jajaran Satpol PP Kabupaten Lombok Utara mengikuti inagurasi upacara peringatan hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 tingkat provinsi di Kabupaten Sumbawa (2/4).

Upacara yang dipusatkan di lapangan Kantor Bupati Sumbawa itu dihadiri seluruh pimpinan daerah se-Nusa Tenggara Barat dan jajaran Sat Pol PP dari seluruh kabupaten/kota.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, dalam amanat upacaranya yang dibacakan inspektur upacara sekaligus Sekretaris Daerah Setda Provinsi NTB H. Rosiady Sayuti, PhD mengatakan bahwa peringatan Sat Pol PP dan Sat Linmas tahun ini bersamaan dengan tahapan pilkada serentak pada 171 daerah, meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

Dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Sat Pol PP dan Linmas harus menyiapkan diri sejak dini berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Lebih lanjut dikatakannya, sebagai pedoman kerja Sat Pol PP merujuk pada Permendagri nomor 54 Tahun 2011 terkait Standar Operasional Prosedural Sat Pol PP serta keterlibatan Sat Linmas secara aktif sebagai tenaga pengamanan langsung penyelenggara pemungutan suara yang berpedoman pada Undang-undang nomor 10 tahun 2016.

"Jajaran Sat Pol PP merupakan aparat sipil yang dituntut bertindak netral sesuai dengan UU, bahwa ASN berperan sebagai perencana penyelenggara tugas pemerintah dalam peran nasional dan pelayanan publik yang profesional," ungkap sekda diakhir amanat yang dibacakannya.

Sebelum meninggalkan lapangan, inspektur upacara yang juga Sekda Provinsi NTB itu menyalami komandan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan atraksi keterampilan dan ketahanan fisik dari jajaran Sat Pol PP Provinsi NTB dan Drum Band Gita Sabalong Samalewa Pemda Sumbawa.

Acara berlangsung khidmat dan relatif meriah dengan ragam pentas kolosal yang diperagakan beberapa personil Pol PP dari berbagai daerah. Dalam pada itu, dilakukan pula penyeruan bersama pernyataan sikap menolak hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA serta menjaga toleransi dan kebhinekaan.

(sas/humaspro) Foto: sfw/humaspro

http://lombokutarakab.go.id/v1/berita/274-wabup-hadiri-peringatan-hut-pol-pp-ke-68-dan-linmas-ke-56-di-sumbawa





Tuliskan Komentar